.

Money Back Guaranty.Recomended Seller.Customer Satisfaction Guaranty
Order dari Senin sd Minggu melalui ''SMS'' dengan ketik
Nama kota (spasi) Kode barang (spasi) Jumlah ke 0856 5800 6221, detail "CARA ORDER" KLIK DI SINI
Pengiriman ke seluruh Indonesia akan dilakukan Senin sd Jum'at, menggunakan Tiki, JNE, atau Pos Indonesia sesuai keinginan pemesan.
Kandang Hamster.Aksesoris Hamster.Makanan Hamster.Alas Serbuk Hamster.Alas Serbuk Hamster
Money Back Guaranty.Recomended Seller.Customer Satisfaction Guaranty
Order dari Senin sd Minggu melalui ''SMS'' dengan ketik
Nama kota (spasi) Kode barang (spasi) Jumlah ke 0856 5800 6221, detail "CARA ORDER" KLIK DI SINI
Pengiriman ke seluruh Indonesia akan dilakukan Senin sd Jum'at, menggunakan Tiki, JNE, atau Pos Indonesia sesuai keinginan pemesan.
Kandang Hamster.Aksesoris Hamster.Makanan Hamster.Alas Serbuk Hamster.Alas Serbuk Hamster

Sabtu, 21 November 2009

Tempat Membeli Hamster

Dimana Membeli Hamster

Sekarang ini banyak sekali alternatif dimana kita bisa membeli hamster, ada toko hewan (petshop), di carefour, di pameran fauna, di peternak, bahkan di internet pun banyak yang menjual hamster. Semua pasti ada unsur positif dan negatifnya. Saya akan coba membahas alternatif-alternatif yang ada tersebut.

_______________________________________________

Toko Hewan Peliharaan (PetShop), Carefour dan Pusat Perbelanjaan Lainnya.

Salah satu alternatif paling pasti untuk menemukan hamster. Di seluruh Indonesia tersebar berbagai macam petshop/toko dan Anda tinggal memilih salah satunya. Tapi mungkin Anda bisa mempersempit pilihan toko hewan Anda dengan berbagai kriteria seperti membeli hamster dari toko yang bersih dan memelihara binatangnya dengan baik.

Hal-hal yang harus dicermati ketika memilih petshop/toko :

Kebersihan. Tentu saja ini menjadi kriteria utama. Anda membeli makhluk hidup bukan barang, oleh sebab itu kebersihan pasti menjadi faktor utama yang menjamin kesehatan binatang yang Anda dapatkan. Lingkungan yang kotor tentu saja menjadi sumber penyakit paling utama. Perhatikan kebersihan toko, kandang dan peratan yang digunakan.

Pemeliharaan Binatang. Perhatikan bagaimana hewan-hewan di toko itu dirawat. Apakah tersedia makanan dan minuman yang memadai, apakah binatang diperlakukan dengan baik, apakah binatang yang sakit dirawat dengan baik dan dipisahkan dari yang sehat, dan segala sesuatu yang menunjukkan perawatan yang dilakukan oleh toko tersebut.

Bau Menyengat. Jika Anda mencium bau yang sangat menyengat dari kandang-kandang hewan di toko, sebaiknya tinggalkan segera toko itu! Hewan memang berbau, tapi hewan yang sehat tidak menimbulkan bau menyengat walaupun dari kotorannya. Mungkin toko itu membersihkan semua kotoran, tapi bau sangat menyengat yang tertinggal membuktikan bahwa hewan-hewan dalam keadaan tidak sehat.

Barang-Barang yang Ditawarkan. Banyak pegawai petshop yang selalu menawarkan barang-barang kebutuhan hewan secara berlebihan. Cermati dulu apa kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda akhirnya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak berguna dan malah tidak membeli barang yang dibutuhkan. Dan tidak semua barang-barang yang disediakan itu menyehatkan untuk hamster Anda. Untuk ini Anda harus pandai-pandai memilah.

Celoteh Pegawai. Tanyakan bagaimana cara merawat hamster dan ujilah pengetahuan pegawai toko. Anda akan memperoleh gambaran bagaimana hamster itu diperlakukan selama di toko.

_______________________________________________

Pameran Fauna dan Toko Pinggir Jalan

Ini adalah tempat dimana hamster paling banyak dibeli. Alasannya karena harga yang katanya lebih murah. Tapi tidak selalu! Tapi mungkin alasan utama adalah karena suasana yang pas untuk membeli hewan peliharaan, terutama pada suasana pameran fauna. Tapi untuk membeli hamster tempat-tempat berjualan seperti ini kurang begitu menguntungkan karena beberapa alasan :

Udara Panas. Kebanyakan pameran fauna itu diadakan di luar ruangan (out door) dan ini sangat parah akibatnya terutama bagi hewan-hewan berbulu. Biasanya hewan berbulu seperti hamster akan terkena heat stroke (kepanasan yang mengakibatkan kematian) dan dehidrasi yang parah.

Matahari. Ada beberapa toko dan stand pameran yang menaruh kandang/akuarium hamsternya di luar. Hal ini menyebabkan kandang terjemur matahari sehingga bisa mematikan bagi hamster.

Hamster yang Stress. Di pameran biasa hewan-hewan lebih cepat stress karena banyaknya orang dan sering pula dipegang oleh orang-orang tak dikenal. Binatang yang stress tentu tidak sehat dan lebih besar kemungkinan untuk mati dibanding dengan hamster yang bahagia.

_______________________________________________

Peternak, Penjualan Rumahan, Teman atau Kenalan

Membeli hamster dari orang-orang seperti ini jauh lebih menguntungkan. Bukan saja ada kemungkin Anda mendapat harga yang lebih murah dari pasaran (tergantung dari orang yang menjual dan kualitas hamster dan perawatannya) tetapi Anda bisa langsung melihat bagaimana hamster itu dirawat.

Untuk membeli hamster dari peternak, penjual rumahan, dari teman atau kenalan, lakukan langkah-langkah seperti jika Anda membeli hamster dari toko/petshop. Perhatikan kebersihan, perawatan, bau dan cari tahu tentang pengetahuan orang yang menjual.

Selain itu jika Anda cukup beruntung bertemu dengan peternak yang berkualitas, Anda akan memperoleh hamster yang berkualitas pula, plus Anda bisa menambah ilmu dari si peternak.

Mungkin yang menjadi kendala di sini adalah mencari referensi peternak atau orang-orang yang menjual hamster berkualitas, orang yang bukan hanya sekedar mencari uang dan menjual hamster-hamster berkualitas rendah baik secara fisik dan mental.

_______________________________________________

Internet

Sekarang ini banyak terdapat situs-situs dimana orang bisa menjual hewan-hewan peliharaannya lewat internet. Di sinipun Anda bisa mencari orang yang menjual hamster dengan harga yang Anda inginkan. Tapi tentu saja Anda perlu mencermati mana penjual yang berkualitas dan mana yang hanya mengejar keuntungan.

Untuk ini carilah referensi, mintalah foto, keterangan perawatan yang dilakukan selama ini, produk-produk perawatan yang digunakan dan tanyakan mengenai sifat hamster yang akan Anda beli. Mintalah keterangan sebanyak-banyaknya dan pastikan bahwa Anda tidak akan tertipu.



Sumber : http://handayani.rian.googlepages.com/ditokomana

0 komentar:

Posting Komentar